Pengembang:
Pengawas Sekolah SD Kec. Praya Barat Daya, Kab. Lombok Tengah
1. Khairul Akbar, ST., M.Pd. (Ketua)
2. Supriadi, S.Pd., M.Pd. (Anggota)
3. Rasuli, S. PD. (Anggota)
4. H. Genep, S.Pd., M.Pd. (Anggota)
ABSTRAK:
Inovasi ini bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran Interaktif
(MPI) yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa SD Fase B (kelas
3-4) khususnya pada materi “ciri-ciri bangun datar segi empat”. Inovasi ini
selanjutnya diberi nama MPI “KUTEBAR-Segi Empat”. Pengembangan MPI ini
menggunakan pendekatan Research and Development (R & D) model 4D (Define,
Design, Develop, Disseminate). Pada tahap define dilakukan analisis kebutuhan
melalui asesmen awal kepada siswa kelas 5 di dua SD dan wawancara kepada
gurunya. Pada tahap design dilakukan perancangan produk. Pada tahap develop
dilakukan pengembangan MPI yang menggunakan aplikasi Smart Apps Creator. Uji
validitas MPI dilakukan oleh dua orang ahli media dan dua orang ahli materi.
Setelah dilakukan revisi sesuai saran validator ahli, selanjutnya dilanjutkan
ujicoba terbatas kepada enam orang siswa dan kepada empat orang guru SD.
Selanjutnya dilakukan ujicoba lapangan di enam sekolah pada siswa kelas 4
dengan jumlah siswa 74 orang. Data hasil ujicoba dianalisis menggunakan one
grup pre-test and post-test design. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sig 0,00
< 0,05 sehingga dapat disimpulkan MPI “KUTEBAR-Segi Empat” berpengaruh
signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hasil uji N-Gain sebesar 67,81%
artinya MPI “KUTEBAR-Segi Empat” cukup efektif meningkatnya hasil belajar
siswa. Pada tahap disseminate dilakukan penyebaran kepada guru, kepala sekolah
dan pengawas sekolah.
RANCANG BANGUN
A. Dasar Hukum
- Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional
- Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan
Teknologi Republik Indonesia No. 16 Tahun 2022 tentang Standar Proses pada
Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan
Menengah
- Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
Republik Indonesia No. 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum Pada Anak Usia Dini,
Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah
B. Permasalahan
- Adanya
stigma matematika sebagai pelajaran yang paling sulit dipahami oleh siswa.
- Guru mengajarkan matematika dengan metode dan media yang tidak menyenangkan
(joyful), sehingga motivasi belajar siswa menjadi sangat rendah.
C. Isu
Strategis
- Hasil PISA (Programme for Students Assessment) tahun 2022, skor
rata-rata Indonesia pada subjek literasi matematika (Numerasi) adalah 366,
lebih rendah 106 poin dari skor rata-rata global (OECD, 2023).
- Hasil Asesmen
Nasional tahun 2024 di Kabupaten Lombok Tengah menunjukkan kemampuan numerasi
siswa SD masih berada pada kategori sedang yang artinya 40% - 70% siswa telah
mencapai kompetensi minimum (data.dikdasmen.go.id).
D. Metode Pembaharuan
Media
Pembelajaran Interaktif (MPI) “KUTEBAR - Segi Empat” merupakan akronim dari
“Kuis Tebak Gambar – Segi Empat”. Pengembangan MPI ini menggunakan pendekatan
Research and Development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop,
Disseminate).
Pada tahap Define dilakukan analisis kebutuhan, identifikasi
masalah, dan perumusan tujuan pengembangan. Analisis kebutuhan dilakukan dengan
melaksanakan asesmen awal kepada siswa kelas 5 di beberapa SD dan gurunya.
Hasil asesmen menunjukkan bahwa dibutuhkan media pembelajaran berbasis
permainan (game).
Pada tahap Design dilakukan perancangan produk, termasuk
desain konten, tampilan, dan interaksi. Perancangan MPI ini terinspirasi dari
acara “Kuis Apa Ini Apa Itu” yang disiarkan oleh salah satu televisi swasta di
Indonesia pada era tahun 1990-an. Pada MPI ini gambar bangun datar segiempat
(persegi, persegi panjang, belah ketupat, jajar genjang, layang-layang, dan trapesium)
akan disembunyikan di balik puzzle. Selanjutnya disediakan tiga clue berupa
ciri-ciri bangun datar segiempat tersebut. Pemain yang mampu menebak dengan
benar pada clue pertama memperoleh skor 50, clue kedua skor 30 dan clue ketiga
skor 20. Pada akhir permainan akan ditampilkan jumlah skor akumulasi.
Pada
tahap Develop produk dikembangkan sesuai dengan desain yang telah dibuat,
termasuk pembuatan, pengujian, dan revisi. MPI “KUTEBAR - Segi Empat” dibuat
menggunakan Smart Apps Creator. MPI dirancang dalam format APK untuk diinstall
di gawai dan EXE untuk komputer. Setelah tahap pembuatan selesai dilanjutkan
dengan tahap uji validitas oleh dua orang ahli materi dan dua orang ahli media. Hasil uji validitas dapat dilihat pada Tabel 1.
Setelah dilakukan revisi berdasarkan saran validator, selanjutnya dilakukan
ujicoba terbatas kepada 6 orang siswa SD dan 4 orang guru. Hasil ujicoba terbatas dapat dilihat pada Tabel 2 dan Tabel 3.
Setelah ujicoba
terbatas, dilanjutkan dengan ujicoba lapangan pada 74 siswa di enam SD yang
berbeda. Uji coba menggunakan desain pra eksperimen. Data hasil ujicoba
dianalisis menggunakan one grup pre-test and post-test design. Hasil uji normalitas dapat dilihat pada Tabel 3, dan hasil uji hipotesis dapat dilihat pada Tabel 4.
Hasil uji
hipotesis pada Tabel 5 menunjukkan nilai sig 0,000 < 0,05, dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa penggunaan MPI berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar
siswa. Untuk menguji efektivitas MPI, dilakukan uji N-Gain. Interpretasi dan kriteria uji N-Gain dapat dilihat pada Tabel 6 dan tabel 7, sedangkan hasil uji N-Gain dapat dilihat pada tabel 8.
Berdasarkan hasil uji N-Gain pada Tabel 8 menunjukkan skor 67,81%, dengan demikian dapat
disimpulkan MPI cukup efektif meningkatkan hasil belajar siswa.
Pada tahap
Disseminate dilakukan penyebaran produk kepada pengguna atau audiens target.
E.
Keunggulan/Kebaharuan
- Merupakan media pembelajaran berbasis digital yang
dapat dijalankan dengan tanpa jaringan internet.
- Dirancang dalam bentuk
permainan interaktif sehingga suasana pembelajaran yang menyenangkan (joyful).
3. MPI dapat diinstall di gawai dan dapat dijalankan di komputer.
F. Cara Kerja
Inovasi
File MPI “KUTEBAR – Segi Empat” dapat dikirim ke pengguna melalui
berbagai media termasuk media sosial. File dalam format EXE untuk dijalankan di
komputer. Sebelum dijalankan, perlu menonaktifkan proteksi/antivirus komputer,
sehingga aplikasi dapat dijalankan. Sedangkan file dalam format APK dapat
langsung diintall di gawai. Permainan dilakukan dengan sangat mudah, seperti
memainkan game-game yang tersedia di Play Store. Guru dapat memandu siswa
memainkan game ini secara bersama-sama dengan menampilkan di layar LCD di depan
kelas. Selanjutnya setiap siswa dapat menginstall permainan ini di gawai
masing-masing untuk dimainkan. Guru juga dapat meminta siswa memainkannya di
rumah masing-masing setelah pembelajaran di sekola selesai.
G. Tujuan
Pengembangan MPI “KUTEBAR – Segi Empat” ini bertujuan untuk menyediakan
media pembelajaran sehingga memberi kemudahan bagi guru khususnya guru SD Fase B
(kelas 3-4) dalam melatih siswa memahami ciri-ciri bangun datar segi empat
melalui media berbasis digital dalam bentuk permainan interaktif.
H. Manfaat
Tersedianya media pembelajaran berbasis aplikasi game yang dimainkan di
gawai atau komputer untuk digunakan oleh guru dan siswa dalam proses
pembelajaran di kelas maupun di rumah siswa setelah pulang dari sekolah dalam rangka meningkatnya motivasi dan hasil belajar siswa SD fase B (kelas 3-4)
khususnya pada mata pelajaran matematika materi ciri-ciri bangun datar segi
empat.
I. Hasil
Hasil dari inovasi ini adalah tersedianya sebuah media pembelajaran MPI
“KUTEBAR-Segi Empat” yang terbukti secara efektif dan signifikan mampu
meningkatnya hasil belajar siswa SD Fase B (kelas 3-4) pada mata pelajaran
matematika khusunya materi ciri-ciri bangun datar segi empat. Hal ini dapat
dilihat dari hasil uji hipotesis dan uji N-Gain di enam sekolah sasaran
penelitian. Selanjutnya MPI “KUTEBAR-Segi Empat” ini dapat digunakan oleh guru
dan siswa sebagai media pembelajaran di kelas dan di rumah siswa.
J. Video MPI "KUTEBAR-Segi Empat"
Jika berminat menerapkan MPI "KUTEBAR-Segi Empat", bisa mengirim permintaan via :
Email: khairulakbar77@dinas.belajar.id
Instagram: https://www.instagram.com/khairulakbar1977/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar