SELAMAT DATANG DI WEBSITE GURU GAWAH (KHAIRUL AKBAR)

Minggu, 08 Juni 2025

Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) "KUTEBAR-Segi Empat" (Kuis Tebak Gambar Segi Empat)

Pengembang:

Pengawas Sekolah SD Kec. Praya Barat Daya, Kab. Lombok Tengah

1. Khairul Akbar, ST., M.Pd. (Ketua)
2. Supriadi, S.Pd., M.Pd. (Anggota)
3. Rasuli, S. PD. (Anggota)
4. H. Genep, S.Pd., M.Pd. (Anggota)


ABSTRAK:

Inovasi ini bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran Interaktif (MPI) yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa SD Fase B (kelas 3-4) khususnya pada materi “ciri-ciri bangun datar segi empat”. Inovasi ini selanjutnya diberi nama MPI “KUTEBAR-Segi Empat”. Pengembangan MPI ini menggunakan pendekatan Research and Development (R & D) model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Pada tahap define dilakukan analisis kebutuhan melalui asesmen awal kepada siswa kelas 5 di dua SD dan wawancara kepada gurunya. Pada tahap design dilakukan perancangan produk. Pada tahap develop dilakukan pengembangan MPI yang menggunakan aplikasi Smart Apps Creator. Uji validitas MPI dilakukan oleh dua orang ahli media dan dua orang ahli materi. Setelah dilakukan revisi sesuai saran validator ahli, selanjutnya dilanjutkan ujicoba terbatas kepada enam orang siswa dan kepada empat orang guru SD. Selanjutnya dilakukan ujicoba lapangan di enam sekolah pada siswa kelas 4 dengan jumlah siswa 74 orang. Data hasil ujicoba dianalisis menggunakan one grup pre-test and post-test design. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sig 0,00 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan MPI “KUTEBAR-Segi Empat” berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hasil uji N-Gain sebesar 67,81% artinya MPI “KUTEBAR-Segi Empat” cukup efektif meningkatnya hasil belajar siswa. Pada tahap disseminate dilakukan penyebaran kepada guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah.


RANCANG BANGUN

A. Dasar Hukum 

  • Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional 
  • Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia No. 16 Tahun 2022 tentang Standar Proses pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah 
  • Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia No. 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum Pada Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah 

B. Permasalahan 

  • Adanya stigma matematika sebagai pelajaran yang paling sulit dipahami oleh siswa. 
  • Guru mengajarkan matematika dengan metode dan media yang tidak menyenangkan (joyful), sehingga motivasi belajar siswa menjadi sangat rendah. 

C. Isu Strategis 

  • Hasil PISA (Programme for Students Assessment) tahun 2022, skor rata-rata Indonesia pada subjek literasi matematika (Numerasi) adalah 366, lebih rendah 106 poin dari skor rata-rata global (OECD, 2023). 
  • Hasil Asesmen Nasional tahun 2024 di Kabupaten Lombok Tengah menunjukkan kemampuan numerasi siswa SD masih berada pada kategori sedang yang artinya 40% - 70% siswa telah mencapai kompetensi minimum (data.dikdasmen.go.id). 

D. Metode Pembaharuan 

          Media Pembelajaran Interaktif (MPI) “KUTEBAR - Segi Empat” merupakan akronim dari “Kuis Tebak Gambar – Segi Empat”. Pengembangan MPI ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). 
        Pada tahap Define dilakukan analisis kebutuhan, identifikasi masalah, dan perumusan tujuan pengembangan. Analisis kebutuhan dilakukan dengan melaksanakan asesmen awal kepada siswa kelas 5 di beberapa SD dan gurunya. Hasil asesmen menunjukkan bahwa dibutuhkan media pembelajaran berbasis permainan (game). 
          Pada tahap Design dilakukan perancangan produk, termasuk desain konten, tampilan, dan interaksi. Perancangan MPI ini terinspirasi dari acara “Kuis Apa Ini Apa Itu” yang disiarkan oleh salah satu televisi swasta di Indonesia pada era tahun 1990-an. Pada MPI ini gambar bangun datar segiempat (persegi, persegi panjang, belah ketupat, jajar genjang, layang-layang, dan trapesium) akan disembunyikan di balik puzzle. Selanjutnya disediakan tiga clue berupa ciri-ciri bangun datar segiempat tersebut. Pemain yang mampu menebak dengan benar pada clue pertama memperoleh skor 50, clue kedua skor 30 dan clue ketiga skor 20. Pada akhir permainan akan ditampilkan jumlah skor akumulasi. 
        Pada tahap Develop produk dikembangkan sesuai dengan desain yang telah dibuat, termasuk pembuatan, pengujian, dan revisi. MPI “KUTEBAR - Segi Empat” dibuat menggunakan Smart Apps Creator. MPI dirancang dalam format APK untuk diinstall di gawai dan EXE untuk komputer. Setelah tahap pembuatan selesai dilanjutkan dengan tahap uji validitas oleh dua orang ahli materi dan dua orang ahli media. Hasil uji validitas dapat dilihat pada Tabel 1.
Setelah dilakukan revisi berdasarkan saran validator, selanjutnya dilakukan ujicoba terbatas kepada 6 orang siswa SD dan 4 orang guru. Hasil ujicoba terbatas dapat dilihat pada Tabel 2 dan Tabel 3.
Setelah ujicoba terbatas, dilanjutkan dengan ujicoba lapangan pada 74 siswa di enam SD yang berbeda. Uji coba menggunakan desain pra eksperimen. Data hasil ujicoba dianalisis menggunakan one grup pre-test and post-test design. Hasil uji normalitas dapat dilihat pada Tabel 3, dan hasil uji hipotesis dapat dilihat pada Tabel 4.

Hasil uji hipotesis pada Tabel 5 menunjukkan nilai sig 0,000 < 0,05, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan MPI berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Untuk menguji efektivitas MPI, dilakukan uji N-Gain. Interpretasi dan kriteria uji N-Gain dapat dilihat pada Tabel 6 dan tabel 7, sedangkan hasil uji N-Gain dapat dilihat pada tabel 8.

Berdasarkan hasil uji N-Gain pada Tabel 8 menunjukkan skor 67,81%, dengan demikian dapat disimpulkan MPI cukup efektif meningkatkan hasil belajar siswa. 
        Pada tahap Disseminate dilakukan penyebaran produk kepada pengguna atau audiens target. 

E. Keunggulan/Kebaharuan 
  • Merupakan media pembelajaran berbasis digital yang dapat dijalankan dengan tanpa jaringan internet. 
  • Dirancang dalam bentuk permainan interaktif sehingga suasana pembelajaran yang menyenangkan (joyful). 3. MPI dapat diinstall di gawai dan dapat dijalankan di komputer. 

F. Cara Kerja Inovasi 

        File MPI “KUTEBAR – Segi Empat” dapat dikirim ke pengguna melalui berbagai media termasuk media sosial. File dalam format EXE untuk dijalankan di komputer. Sebelum dijalankan, perlu menonaktifkan proteksi/antivirus komputer, sehingga aplikasi dapat dijalankan. Sedangkan file dalam format APK dapat langsung diintall di gawai. Permainan dilakukan dengan sangat mudah, seperti memainkan game-game yang tersedia di Play Store. Guru dapat memandu siswa memainkan game ini secara bersama-sama dengan menampilkan di layar LCD di depan kelas. Selanjutnya setiap siswa dapat menginstall permainan ini di gawai masing-masing untuk dimainkan. Guru juga dapat meminta siswa memainkannya di rumah masing-masing setelah pembelajaran di sekola selesai.

G. Tujuan

        Pengembangan MPI “KUTEBAR – Segi Empat” ini bertujuan untuk menyediakan media pembelajaran sehingga memberi kemudahan bagi guru khususnya guru SD Fase B (kelas 3-4) dalam melatih siswa memahami ciri-ciri bangun datar segi empat melalui media berbasis digital dalam bentuk permainan interaktif.

H. Manfaat

        Tersedianya media pembelajaran berbasis aplikasi game yang dimainkan di gawai atau komputer untuk digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran di kelas maupun di rumah siswa setelah pulang dari sekolah dalam rangka meningkatnya motivasi dan hasil belajar siswa SD fase B (kelas 3-4) khususnya pada mata pelajaran matematika materi ciri-ciri bangun datar segi empat.

I. Hasil

        Hasil dari inovasi ini adalah tersedianya sebuah media pembelajaran MPI “KUTEBAR-Segi Empat” yang terbukti secara efektif dan signifikan mampu meningkatnya hasil belajar siswa SD Fase B (kelas 3-4) pada mata pelajaran matematika khusunya materi ciri-ciri bangun datar segi empat. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dan uji N-Gain di enam sekolah sasaran penelitian. Selanjutnya MPI “KUTEBAR-Segi Empat” ini dapat digunakan oleh guru dan siswa sebagai media pembelajaran di kelas dan di rumah siswa.

J. Video MPI "KUTEBAR-Segi Empat"


K. Pusat Informasi

Jika berminat menerapkan MPI "KUTEBAR-Segi Empat", bisa mengirim permintaan via :
Email: khairulakbar77@dinas.belajar.id
Instagram: https://www.instagram.com/khairulakbar1977/

Kirimkan umpan balik atau testimoni Anda terkait MPI ini di: UMPAN BALIK/TESTIMONI
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar