SELAMAT DATANG DI WEBSITE GURU GAWAH (KHAIRUL AKBAR)

Rabu, 13 Oktober 2021

3.3.a.9 Koneksi Antar Materi: Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

 

NAMA CGP      : KHAIRUL AKBAR

INSTANSI         : SMPN 2 PRAYA BARAT DAYA, KAB.  LOMBOK TENGAH, PROV. NTB. TAHUN 2021

 

3.3.a.9 Koneksi Antar Materi: Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

  • Hal-hal menarik yang dapat Anda tarik dari pembelajaran modul materi ini dan bagaimana benang merah yang bisa Anda tarik dari keterkaitan antarmateri yang diberikan dalam modul 3.3?

Hal menarik adalah penerapan BAGJA dalam menyusun program yang berdampak pada murid. Selama ini saya belum pernah menyusun program dengan menggunakan model BAGJA. Program disusun berdasarkan keinginan dan kebutuhan saja, tanpa menggunakan model tertentu. Pemetaan aset juga merupakan hal penting karena program yang akan disusun harus bersumber dari asset yang suda dipetakan sebelumnya. Hal baru yang dipelajari adalah manajemen risiko, dimana dalam merencanakan sebuah program sangat perlu mengidentifikasi bebagai  risiko yang mungkin timbul akibat program tersebut yang selanjutnya dicari solusi untuk mengatasi berbagai risiko  tersebut. Sebagai tahapan akhir dari program  adalah monitoring dan evaluasi. Pada modul ini juga dipelajari bagaimana melakukan monitoring dan evaluasi sebuah program melalui format MELR (Monitoring, Evaluation, Learning, Reporting)

  • Apakah kaitan antara pemetaan sumber daya dengan perencanaan program sekolah yang berdampak pada murid? 

Pemetaan sumber daya merupakan modal utama dalam menyusun program yang berdampak pada murid. Aset yang dimiliki oleh sekolah akan dijadikan sebagai kekuatan, sehingga program yang direncanakan dapat berjalan tanpa halangan.

  • Adakah materi dalam modul lain/paket modul lain yang berhubungan dengan materi dalam modul 3.3. ini? Jabarkanlah jika ada. 

Modul 3.3 sangat terkait dengan modul sebelumnya yaitu modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya. Pada modul 3.2 dipelajari bagaimana merencanakan program berbasis aset. Semua aset sekolah telah diidentifikasi di modul 3.2, sehingga dengan modal asset tersebut kemudian perencanaan program yang berdampak pada murid dapat dilakukan.  Selain berkaitan dengan modul 3.2, materi ini juga berkaitan dengan modul 1.3 Visi Guru Penggerak. Pada modul 1.3 dipelajari model BAGJA, dimana model tersebut dapat digunakan untuk melakukan perencanaan program yang berdampak pada murid.

  • Bagaimana kaitan dari semua materi tersebut dengan peran Anda sebagai guru penggerak?

Peran guru penggerak adalah menjadi pemimpin pembelajaran, maka dalam memimpin pembelajaran guru harus mampu membuat dan melaksanakan program yang berdampak pada murid. Peran guru penggerak lainnya adalah mewujudkan kepemimpinan murid, maka dalam menyusun program hendaknya guru melibatkan murid baik pada tahapan perencanaan maupun tahapan pelaksanaan. Hal ini akan berdampak pada  meningkatnya kompetensi kepemimpinan murid.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar